Pulau Sempu, Segara Anakan.

PULAU SEMPU

    • Tak seberapa jauh dari pulau Jawa, pulau Sempu masih terbilang ‘perawan’ untuk wisata alam. Pulau kecil yang sedikit terpisah dari pulau Jawa ini masih terletak di kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau Sempu adalah pulau yang dijadikan cagar alam dan dilindungi pemerintah. Tak heran apabila di pulau ini masih banyak satwa yang berlalu lalang. Tapi tenang, tidak ada binatang buas di pulau ini, pihak pemerintah dan pengawas cagar alam ini memberitahu.Surga kecil ini kalo dilihat, mempunyai kontour unik. Salah satu pantai di pulau Sempu ini, yaitu pantai Segara Anakan setengah sisinya dikelilingi oleh tebing tinggi. Satu – satunya sumber air yang ada di pantai ini adalah cipratan air laut yang masuk melalui lubang yang ada di tebing. Itulah sebabnya, saat kita berada menjauhi bibir pantai, kedalaman pantai ini cenderung sama, yaitu 1,5 sampai 2 meter.
    1. Bagaimana caranya ke pulau Sempu?
  • Untuk menuju ke Pulau Sempu, pertama kita harus menuju ke Kabupaten Malang, tepatnya desa Tosari. Carilah sendang Biru, pelabuhan tempat kita berlabuh untuk menuju ke Pulau Sempu.
  • Menuju Sendang biru :
    • Untuk menempuh Malang dari Bandung membutuhkan waktu sekitar 20 jam dengan menggunakan mobil. Untuk anda yang mengambil transportasi yang sama seperti saya, ambil jalur tengah, dan hindari jalur utara. Karena apabila kita melewati pantura, kita harus menempuh jalan lebih jauh.
    • Atau untuk anda yang berasal dari Bandung / Jakarta ambil saja kereta yang menuju Malang. Untuk yang ekonomi harganya sekitar Rp 35.000,- selama dua belas jam. Dan dari stasiun Malang anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Bis kota yang menuju desa Turen (Rp 20.000,-) . Dan dari desa Turen anda mencari angkutan kota yang menuju ke Sendang biru (Rp 5.000,- sampai Rp 10.000,-).
    • Setelah sampai di pelabuhan Sendang biru anda akan dikenai biaya Rp 6.000,- setiap orangnya dan biaya mobil / motor yang anda bawa untuk parkir menginap.
  • Menuju Pulau Sempu
    • Untuk menuju ke pulau sempu ada beberapa yang harus anda perhatikan. Untuk memasiki cagar alam pulau sempu anda harus membayar Rp 20.000,- untuk peijinan terhadap petugas setempat, dan meninggalkan KTP salah satu dari team anda.
    • Dan anda yang baru pertama ke pulau sempu dan tidak membawa teman yang pernah ke pulau sempu, sebaiknya anda menyewa guide untuk menunjukkan jalan saat menyusuri pulau sempu.  Karena kalau tidak anda akan tersesat karena tidak tahu medan di pulau sempu.
    • Untuk menyebrang ke pulau sempu dibutuhkan perahu yang biasanya Rp 100.000,- per perahu pulang perginya. Beritahu supir perahu anda untuk menjemput anda besok pada pukul berapa, dan mencatat nomor telefon supir perahu anda. Saran saya jika rombongan anda kecil, tunggu wisatawan rombongan lainnya dan tawarkan untuk berbagi perahu. Jadi selain anda mendapatkan teman, anda juga lebih ringan mengeluarkan biaya.

Ada beberapa pantai yang ada di Pulau Sempu ini, tapi dari pandangan saya dan pendapat para turis – turis yang sering datang kemari, ada dua pantai andalan yang ada di pulau Sempu ini, yaitu pantai Segara Anakan atau pantai Pasir panjang.

Menuju Segara Anakan

  • Menuju Segara anakan, pantai yang dikelilingi tebing ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1,5 jam. Jalan yang saya lalui cukup curam kerna itu musim hujan, jadi banyak pohon – pohon kecil tumbang, dan tanahnya licin. Saya bukan pecinta alam yang rajin latihan fisik. Jadi berjalan membawa peralatan camping yang sangat banyak itu ya lumayan melelahkan. Tapi setelah melihat surge kecil Segara Anakan ini, hilang langsung rasa lelah dan berat yang selama jalan saya rasakan.

2.    Enjoy the night !

Mayoritas orang yang datang ke pulau sempu dan menuju ke Segara Anakan menginap dengan camping. Bila anda ingin camping, persiapkan peralatan camping dari rumah, jadi tidak perlu bingung mencari penyewaan alat kemah. Tapi bila anda tidak ingin ginap, saya sarankan untuk datang ke pelabuhan Sendang Biru pagi, maksimal jam 1 siang. Agar saat anda selesai di pulau sempu, kapal – kapal masih ada yang menjemput. Jam penyebrangan kapal paling dini jam 7 pagi, sedangkan yang terakhir jam 5 sore.

Take a note !

  •  perlengkapan tenda hinga perlengkapan masak sangat disarankan untuk membawa sendiri.
  • ATM terakhir sebelum menuju pulau sempu ada di pom bensin desa turen. Ada ATM Mandiri dan ATM BRI disana. Pastikan anda mengambil, karena ke depannya sudah dipastikan tidak ada ATM lagi.
  • Jika malam, masukkan semua barang – barang dan persediaan makanan anda, karena kera disana sangat jahil. Banyak kejadian kera turun dan mengambil barang – barang para wisatawan.
  • Jangan membahayakan diri anda sendiri untuk masuk ke dalam lubang dalam tebing tempat masuknya ombak dari laut. Karena beberapa wisatawan yang nekat, terbawa ombak dan terluka parah. 

by : @dewandasaaS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s