My Own Travel Money

“Kok sering banget sih pergi – pergi, emang papa mama kamu ngebolehin?”

 

Pertanyaan itu seringnya buanget banget kalo saya sedang merencanakan liburan. Biasanya saya pergi liburan itu di bulan Desember, Februari, Juni, atau Juli. Mengapa? Ya karena 4 bulan itu saja yang kuliah saya libur. Hehehe.

“Apa sih yang perlu disiapin kalo mau liburan?” kalo ada yang bertanya kepada saya seperti ini, pasti saya dengan senang hati menjawab : UANG. Top of everything, uang itu menentukan gimana kita kalo mau bepergian. Jauh / dekat, lama/ sebentar, backpacker / koper.

Eitts, bukan berarti kalian minta sama orang tua kalian. Minta uang tambahan ke orang tua itu boleh, tapi itu urutan yang ke 67.

Terus gimana caranya dapet uang ?

  1. NABUNG

Dulu saya jago banget nabung, mau nabung di celengan kaleng besar ada, di bank ada, di ATM juga pasti saya sisain. Nabung di celengan kaleng biasanya 3-5ribu per hari nonstop.

Kalo di bank, saya pake jasa bank yang akan membuatkan saya tabungan rencana, jadi auto debet gitu dari rekening saya. Terus setelah genap setahun baru dicairin.

 

  1. EARN SOME MONEY

Mayoritas yang kuliah pasti berumur lebih dari 18 tahun. Kalo orang jaman dulu umur 18 tahun itu udah banyak yang bisa cari uang sendiri, bahkan banyak pula yang nikah. Masa iya kita nggak malu sama diri sendiri ? udah umur 18 tahun kok belum bisa bantu orang tua J

Nggak usah bingung mau kerja apa. Part time, kirim – kirim artikel, jadi guru les SD . semua bisa kan kita kerjain?. Jangan malu, karena harusnya kita bangga. Nggak cuman ngandelin orang tua aja J

 

  1. EXPAND YOUR SOCIALITY

Emang ngaruh gitu? Banget. Kalo kalian cuma bertemen itu – itu aja, informasi kalian juga bakalan itu – itu aja. Cari temen baru. Caranya ? Ikut UKM (unit kegiatan mahasiswa), ikut kursus di luar, dan banyak bergaul. Nanti siapa tau ada yang ada salah satu temen kamu yang tantenya butuh SPG di konternya, atau kalo kamu pinter presenting, kamu bisa direkomendasikan jadi MC acara keluarga mereka. Bisa aja kan?

 

Intinya, jangan terus – terusan nyusahin orang tua. Mulai dari sekarang kita belajar ngumpulin uang sendiri, lebih bagus kalo ngehasilin uang sendiri. Karena saat kita punya uang hasil keringat sendiri, kita mau ngapain aja pasti ngehargain banget deh jerih payah kita. Lebih wise kalo pake uang, dan tentunya kita bangga dama diri kita sendiri.

 

Percaya deh, kalo kita udah bisa ngumpulin duit sendiri even buat keperluan liburan kita oang, pasti orang tua kita ngijinin. Kalo nggak ngijinin, coba mawas diri. Mungkin ada sifat kita yang membuat orang tua nggak ngasih kepercayaan itu ke kita. the last but not least : GO FOR TRAVELING !!

Leave a Reply

