England, the soccer land

Salah satu Negara dari United Kingdom, Inggris memang terkenal dengan olah raga football nya. Pemain – pemain besar, liga, dan industrinya yang sangat hidup dan berkembang di Negara itu. Puluan klub – klub sepak bola lahir dan tumbuh besar di Negara ini. Sebut saja Arsenal, Chelsea, Queen Park Ranger, Manchester United, Manchester City, dan bejibun klub – klub lainnya.

Arsenal Football club

Arsenal FC, berkandang di London, di daerah Arsenal. Kalo kita ambil tube (underground train) ambil jalur Picadilly dan berhenti di stasiun Arsenal. Keluar dari stasiun, pemandangan yang dilihat adalah jajaran rumah yang tersusun rapi. Suasananya tenang, aman, dan damai. Stadion Arsenal sendiri terletak diantara perumahan warga sekitar situ. Jadi ngerti saya kenapa pendukung Arsenal jarang yang anarkis. Lha orang stadiumnya aja hidup berdampingan dengan warga. Jadi harus saling menghargai. Slogan yang saya suka dari fans football club ini adalah ‘Since you’re Gooner, we’re brother’. Kayanya saling melindungi dan menghargai banget gitu. Hahahaha *sotoy*

emirates4

Masuk daerah Emirates stadium, kita disambut megastore Arsenal FC sebelum masuk ke stadium. Stadium nya besar. Sebelum kita masuk, kita akan melewati jalan yang kanan kirinya gambar dan foto – foto pemain – pemain legenda Arsenal.

emirates1

Cukup besar memang emirates stadium ini. Di dalamnya ada museum Arsenal juga. Berisi tentang sejarah, pemain dan berbagai macam informasi mengenai Arsenal. Buat kalian yang Gooner, ‘tanah suci’ ga cukup buat dilihat dan difoto doing. Coba nonton pertandingannya. Terakhir saya tau, pertandingan non big match itu sekitar 100 – 300 poundsterling (1 poundsterling = 15rb rupiah di awal tahun 2013).

emirates2

emirates3

Chelsea football club

Jujur saat saya pergi ke Stamford Bridge (kandangnya Chelsea FC) saya nyasar alias tersesat. Karna di peta kita harus beberapa kali ganti jalur underground untuk menuju stasiun Fulham Broadway. Bingung juga sebenernya, kok bukan Stamford station yang diambil. Tapi yasudah, tinggal jalan saja. Perjalanan dari pusat kota sekitar 20 – 30 menit. Kalo saya waktu itu 40 menit, wong pake nyasar segala.

Keluar station Fulham Broadway, yang dilihat jalan raya dengan mobil – mobil mewah yang lewat, dan bangunan – bangunan besar di pinggir jalannya. Keluar station belok kiri, dan jalan sekitar 4 menit untuk menuju kandangnya The blues ini. Menuju megastore, kanan kiri berisikan ‘Wall of Fame’ nya Chelsea dan berbagai glory moment nya Chelsea.

stamford1

Sama seperti Arsenal, Chelsea juga punya museum dan bangunan fans clubnya. Tapi menurut saya, meskipun saya menikmati saat – saat berkunjung ke kandang The Blues, layout stadiumnya kurang joss. Karena bangunannya berlayout lingkaran.

Manchester united, Old Trafford.

Keluar dari kota London, kita pergi ke kota Manchester. Perjalanan naik kereta dari London sekitar 2 jam untuk sampai ke kota Manchester. Dan jangan salah, Manchester itu kota metropolitan loh. Public figure banyak yang mengatakan kalo ‘Manchester has everything except the beach’ hihihi.

Sampai di stasiun kota Manchester, kita naik metrolink (nama kereta transportasi) mengambil tujuan Old Trafford. Dari pusat kota nggak jauh – jauh amat laah. Sekitar 20 menit. Ternyata Old Trafford ini emang sengaja diletakkan di daerah agak jauh dari kota karena dia butuh space yang besar untuk MUFC ini.

Turun dari kereta, kita langsung disambut stadium tempat Wayne Rooney biasa tanding. Waktu itu stadiumnya sedang perawatan, jadi gak bisa diambil foto di dalam stadiumnya. Jarak dari stadium tempat tanding dan megastore dan kantor MU nya itu juauh banget. Jalan kaki sekitar 15-20menit. Dan sampai di megastore nya, gak heran kalo jauh. Gede banget megastorenya!.

trafford3

trafford2

Lantai bawah adalah megastore yang menjual A to Z perlengkapan MU, dan lantai atasnya ada;ah fans club dan kantor MUFC itu sendiri. Mungkin opa Alex Ferguson lagi duduk di atas. Hahaha.

trafford

Di depan bangunan megastore nya ada halaman luas bauanget yang nggak tau juga buat apa. Ujung – ujung halamannya ada beberapa patung Manchester legend yang cukup besar. Saking identiknya daerah Trafford ini sama MUFC, banyak kedai – kedai fish and chip yang ‘menjual’ nama menu dengan nama pemain MUFC.

Anfield Stadium, Liverpool FC

Perjalanan bola-bolaan saya yang terakhir adalah ke kandangnya Suarez. Sesuai namanya Liverpool FC ini berkandang di kota Liverpool. Kota yang sama tempat lahirnya The Beatles, band kondang sepanjang masa.

Liverpool kota yang aman, manis, dan orang-orangnya ramah. Untuk menuju ke Anfield kita harus naik bis sekitar 10-15 menit dari pusat kota. Sampai di Anfiel stadium sekitar jam 17.15, dan……. Megastore nya tutup. Museumnya juga. Alhasil cuma bisa foto – foto aja diluar Anfield.

anfield1

anfield2

Lupa saya kalo di Negara ini semuanya serba cepat. Toko – toko dan tempat – tempat rekreasi memang tutup pada sekutar jam 5 sampai jam 7 sore. Jadi mikir, kenapa orang – orang di Negara kita terlalu banyak bekerja ya?