Original Food from UK (united kingdom)

 

Mayoritas United Kingdom, mereka ga punya yang namanya komoditas asli kuliner. Yang mereka bisa bilang asli dari UK, adalah fish and chip. Kentang goreng, dan Ikan COD. Kadang ada yang pake sayur, ada yang enggak. Ada yang dijual di pinggir jalan, ada yang dijual di restoran.

Banyak orang yang nggak tau apa sih makanan lain yang khas dari Negara – Negara di UK. Berikut ada beberapa penjelasan tentang origin culinary mereka :

BEER

As long as you’re in Britain, you’ll find pub and beer everywhere. Tidak ada kata ‘masih pagi’ untuk beer di Britain /UK. Pub selalu buka di pagi hari (jam 9 pagi sampai jam 12 malam). British people cinta banget sama yang namanya beer. Nge-gosip, nonton bola, nonton rugby, makan, semua nya butuh beer. Kesukaan saya, LONDON PRIDE, yang uenak banget.

beer

FISH AND CHIP

Fish and chip sebenernya udah ada di jaman world war pertama. Jadi gak heran kenapa makanan ini nge-hits banget dimana – mana seantero UK. Ada yang dijual di booth pinggir jalan, ada yang dijual di restoran besar. Packagingnya ga jauh beda. Pasti ada lemon, tar tar sauce, sama peanut. Kalo kita yang orang Indonesia sih pasti butuh extra garem sama merica biar makin sedap.

fishandchips

CORNISH PASTY

Cornish pasty itu semacam pie yang isinya steak, bawang, dan kentang. Biasanya Cornish pasty ini jadi menu makan siang sama orang-orang. Filosofi makanan ini sebenernya dulu untuk para pekerja – pekerja tambang yang gak mau ribet makannya. Jadi dia buat pasty, biar bisa kerja sambil makan.

cornish pastry

Itu beberapa makanan yang khas di UK (United Kingdom). Sekarang kita bahas makanan khas per Negara nya.

INGGRIS :

  • Orang Inggris suka banget sama tea selain beer. Sampai – sampai ada istilah English tea, dan tea time. Banyak produk English tea yang dijual. Mayoritas dari mereka bentuknya the celup. Rasanya uenakkk banget. Apalagi lagi dingin- dingin salju minum English tea. English tea sendiri diminum di saat tea time. Setiap harinya orang Inggris punya waktu meminum teh ditemenin biscuit sambil istirahat. Biasanya tea time ini dari jam 3 sampai jam 4. Dan jangan main-main, kalo mereka lagi tea time, mereka bener-bener gak mau diganggu loh.

english tea1

  • Nggak banyak yang tau, makanan khas asal inggris adalah eel pie, alias pie belut. Hiiiiiy. Kalo saya sih denger aja udah nggak selera buat nyoba. Tapi mereka suka banget sama makanan satu ini. Tapi makanan tradisional ini udah nggak begitu tenar kalo dibandingin sama fish and chip.  Udah nggak terlalu banyak restoran yang nyediain menu ini. Katanya kalo dulu sih nge-hits abis. Duh, gak bayangin rasanya.

recipe-eel-pie

SKOTLANDIA

  • Haggis. Haggis ini semacam gilingan sosis yang di dalamnya terdiri dari otak, paru – paru, ginjal, dan hati domba. Yaah, kalo bahasa jawanya sih jeroan. Hahaha. Haggis ini jadi top seller di restoran dimanapun se-antero Edinburgh. Karna saya hanya makan ayam dan sayuran, saya agak nggak tega mengisi perut saya dengan Haggis. Wanna try?

haggis-sausage-rolls

  • Telur Scottish. Telur Scottish ini semacam roti goring yang di dalamnya diisi telur ayam rebus matang, atau kadang setengah matang. Sering dibuat untuk piknik atau bekal anak – anak kecil di Skotlandia. Jarang yang jual, tapi mereka sering bikin sendiri di rumah.

scotch-eggs

WALES

  • Bukan rahasia lagi kalo steak kelinci itu laku banget disini. Biasanya mereka menikmati rabbit steak sama telur mata sapi. Aduh, bayangin muka kelinci yang unyu kok kayanya berat banget buat makan ya
  • Black pudding. Meskipun makanan ini aslinya dari Irlandia, tapi banyak juga Welsh yang suka. Black pudding ini nggak se-kenyal seperti bayangan saya pada awalnya. Karena dia direbus, baru setelah itu digoreng. Dan bahannya ? darah domba murni tanpa dicampur apapun. Dare to try? :p

images

Ngeliat makanan – makanan barusan, kayanya kita orang Indonesia harus banyak bersyukur banget ya masalah kuliner. Lebih enak, dan manusiawi tentunya. Hehehe. Tapi nyobain kuliner-kuliner barusan itu one of a lifetime yang unforgettable banget loh!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s