Edinburgh

Edinburgh, kota Eropa yang terbilang otentik.

Banyak traveler yang melewatkan kota tua cantik, Edinburgh ibukota Skotlandia ini. Padahal dilihat dari segi otentiknya, negara ini jauh lebih otentik daripada negara yang tergabung dalam negara Union jack lainnya.

Edinburgh secara keseluruhan adalah kota kecil yang berkountur perbukitan dan masih sangat otentik. Baik dari segi arsitektur bangunannya, tradisi yang dilakukan masyarakatnya, maupun makanan tradisionalnya. Tidak sulit jika anda ingin berkelililng kota Edinburgh, dari segala penjuru kota, kita bisa jalan kaki dari satu tempat ke tempat yang lain. Mungkin itu sebabnya tak banyak masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi. Mayoritas masyarakatnya jarang mengandalkan kendaraan karena ada beberapa jalan yang melarang kendaraan apapun masuk. Kota dengan penduduk yang ramah, membuat kita merasa nyaman saat mengunjungi berbagai tempat wisata.

Beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Edinburgh antara lain :

  • Monumen edinburgh. Monumen yang terletak di tengah kota Edinburgh, tepatnya 5 menit berjalan kaki dari stasiun bis Edinburgh bisa menjadi pembukaan perjalanan. Terletak di tengah – tengah taman, dan terletak di pinggir jalan, monumen yang berdiri tegak dengan ke-orisinalitas nya ini seolah – olah melambangkan seisi kota.Tanpa pernah dipugar, apalagi diperbaharui.

IMG_0798

 

  • Castle of edinburgh, atau yang kita sebut Istana Edinburgh, adalah salah satu istana besar yang ada di muka bumi ini. Terletak di puncak bukit, membuat para pengunjung harus menempuh ratusan tangga saat ingin menuju Istana Edinburgh. Tapi keringat yang dikeluarkan saat menaiki banyaknya anak tangga tersebut seolah – olah terbayar akan cantiknya pemandangan yang terlihat dari atas Istana Edinburgh. Istana ini menyediakan pameran baju – baju prajurit kerajaan Edinburgh, serta perlengapan kerajaan Edinburgh seperti replika mahkota raja Edinburgh, baju tradisional Edinburgh yang berbebtuk kotak – kotak. Edinburgh sepertinya satu dari sedikit kota Eropa yang masih mempertahankan ke-orisinalitasnya.

IMG_0749

  • Geyfriars Bobby, nama kompleks makam yang didedikasikan untuk anjing yang membantu banyak masyarakat Edinburgh pada masanya. Terdapat patung anjing berjasa ini di gerbang makam, dan ringkasan cerita mengenai anjing lucu ini di salah satu batu di kompleks makam ini. Menurut masyarakat sekitar, makam di Edinburgh terkenal mengerikan. Banyak mitos yang mengatakan adanya kehidupan malam, yaitu mayat- mayat yang baru akan selalu bangun dari kuburnya. Itu dia mengapa semua makam yang ada di Edinburgh menggunakan jeruji besi. Menurut salah satu masyarakat pula, Mahasiswa Edinburgh sering mencuri mayat untuk dijadikan bahan praktikum otopsi. Ini disebabkan karena rendahnya pemasokan mayat yang diberikan pemerintah pusat yang diberikan untuk mahasiswa Edinburgh

 

  • Café the elephant house, café tempat penulis terkenal JK. Rowling saat menulis serial Harry potter seri buku pertama dan keduanya. Café yang dilegalkan dan disahkan oleh pemerintah pusat Skotlandia sebagai aset Harry Potter the movie ini menulis di depan cafenya sebagai ‘The birth place of Harry potter’ menggunakan papan tulis hitam. Diluar semua nama besar yang ada di balik café ini, The elephant house termasuk café yang sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati coklat panas di sore hari.

Edinburgh_gallery__598x400-420x0

  • Arthur seat. Adalah barisan bukit yang terletak ditengah kota Edinburgh. Naikilah bukit kecil ini untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Nama arthur seat sendiri diambil dari nama raja Arthur yang diyakini sering menimati pemandangan kota Edinburgh dari atas bukit ini. Untuk menuju Arthur seat, dibutuhkan eaktu 30 menit berjalan kaki.
  • Calton Hill, nama taman yang terletak di atas bukit yang dilengkapi dengan sisa – sisa bangunan jaman terdahulu, menjadi daya tarik tersendiri dalam memikat turis yang datang kemari. Peninggalan arsitektur yang menakjubkan, pemandangan yang super cantik, membuat anda tidak ingin meninggalkan taman ini.

calton-hill-looking-west

IMG_0888

Jika anda ingin referensi hostel yang sangat nyaman dan berkelas dengan harga yang cukup iring, cobalah Castle rock hostel. Hostel yang terletak di bawah Castle of Edinburgh ini sangat mengutamakan kenyamanan pengunjungnya, dan yang pasti lokasinya sangat mudah untuk berkelana kemanapun. Wajib dikunjungi, salah satu kota di Eropa yang masih sangat otentik dengan budayanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s