Teknologi Video Conference Mengubah Indonesia

Siapa yang nggak suka jalan – jalan liburan ? Siapa yang nggak mengabadikan moment – moment waktu jalan – jalan lewat foto dan video? Atau, siapa yang tidak upload moment – moment tersebut di sosial media kalian? Saya rasa sebagian besar pasti melakukan semua itu. Pokoknya, hari ini saya akan berbicara mengenai hubungan tentang perjalanan dan teknologi? Mengapa saya tiba-tiba menambahkan teknologi untuk blog saya ??

Ini dimulai ketika saya melakukan mendaki pertama saya ke gunung Merapi, dan ketika saya berada di puncak gunung, saya mendapatkan SINYAL KUAT dari ponsel saya. Bagi saya, ini luar biasa. Sebelum memulai pendakian saya (pastinya) pamitan dengan ayah saya dulu. Karena saya sangat gugup, ayah saya terus mengatakan untuk tenang karena pendakian akan mudah -_- (dia dulunya adalah anak pecinta alam saat waktu kuliah. Dan kata beliau, dia sudah 7-8 kali menaiki Gunung Merapi). Oke, pa!

Setelah pendakian berliku – liku, panjang, curam, dan dingin akhir nya saya bisa menuju ke puncak 1 gunung Merapi, pasar Bubrah. Refleks saat itu saat melihat pemandangan adalah menangis. Saya menangis karena saya tidak membayangkan saya mampu berada di puncak gunung. Saya menangis karena saya memiliki paru-paru, kaki, dan stamina yang lemah untuk mendaki gunung. Dan saya menangis karena semua ayah saya katakan itu benar: “Ketika kamu di atas sana, kamu tahu bagaimana besarnya Allah dan betapa kecilnya kita sebagai manusia”.

Untuk mengabadikan momen puncak pertama saya, saya iseng kirim gambar melalui Whatsapp ke ayah saya, dan langsung delivered dan di read. Wow!. Saya coba skype voice call dengan beliau, suara nya jelas terdengar dan (tentunya) saya pamer kebahagiaan saya dengan beliau. Iseng bertambah, saat saya meminta ayah saya untuk video skype call guna share pemandangan sunrise. Dan kagetnya, kami bisa melakukan video conference di puncak gunung dengan lancar. Saya pikir pengalaman saya menunjukkan kalian bagaimana meningkatkan negara saya adalah ya?

Masih ada sinyal loh di puncak Merapi !

Masih ada sinyal loh di puncak Merapi !

Behind me is merbabu mountain. (Next adventure maybe?)

Behind me is merbabu mountain. (Next adventure maybe?)

Meningkatkan tidak hanya tentang wilayah, tingkat dolar, harga barang, pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Bagi saya, meningkatkan kualitas internet dan aplikasi yang dapat dijalankan dengan internet tersebut juga penting bagi kami karena kita memiliki 17.000 – an pulau di Indonesia. Mobilitas setiap warga Indonesia tidak setinggi negara lain. Kita jarang terbang ke Papua, Sulawesi, Kalimantan untuk menghabiskan akhir pekan. Bahkan, dulu pemerintah juga tidak terlalu sering terbang kesana kemari untuk survey langsung daerah Indonesia. Tapi dengan internet, Indonesia dapat terhubung satu sama lain dengan mudah.

Contoh pengalaman saya saja, Ayah saya dari Semarang saya bisa melihat saya melalui video . Saya bisa melihat ibu saya dan saudara saya ketika di istirahat makan siang dari kantor saya. Akses mudah mengubah hari-hari saya. Dari sisi bisnis, saya melakukan banyak pertemuan dengan rekan-rekan kantor saya yang jauh di Hongkong dan Eropa hanya dengan video conference. (Tentunya setelah melakukan persamaan jam antar zona Waktu ya). Daripada terbang keliling negara hanya untuk mengadakan pertemuan dan mengambil keputusan, perusahaan memotong kantong besar anggaran dengan menggunakan video conference. Sekarang semua yang mereka butuhkan adalah koneksi internet stabil, kamera, layar TV atau komputer dan ruang pertemuan. (Dapatkah Anda bayangkan berapa banyak mereka bisa memotong anggaran dan mengalihkan dana tersebut ke hal-hal lain yang lebih penting? Seperti memperluas distribusi, meningkatkan pemasaran, dll)

- ilustrasi -

– ilustrasi –

Saya mendengar juga sebelumnya, baru-baru setelah memenangkan pemilu, Bapak Presiden mengadakan pertemuan dengan beberapa pemimpin daerah melalui video conference. Pertemuan tersebut  ditujukan untuk menanyakan pendapat setiap pemimpin daerah dan survei tentang masing-masing daerah sebelum membuat keputusan lebih lanjut. Dibandingkan dengan gaya Jokowi ‘blusukan’ yang perlu ratusan juta rupiah untuk terbang dan mengunjungi setiap daerah di Indonesia, teknologi video conference mengubah strateg pemerntah dala memimpin dan pastinya mengubah anggaran dana pemerintah dalam tahun – tahun ke depan. 3   Dari dulu kita ngeluh kan, kalau pajak yang kita bayarkan itu kita merasa disia-siakan oleh pemerintah. Sekarang dengan jaman interet makin cepat dan platform aplikasi telepon suara maupun video makin berkembang diharapkan dapat menghemat uang rakyat dan mengalihkan ke hal – hal lebih crucial. Saya mencari di internet tentang berita e-meeting  yang dilakukan Jokowi dan krunya. Saya menemukan bahwa pertemuan online itu berjalan mulus. Pemerintah menggunakan platform produk Telkom Indonesia, umeetme. Ini cukup mengagumkan bagi saya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memiliki peserta terbatas untuk melakukan video conference. Sama seperti seperti Jokowi lakukan, ia harus 7-9 daerah di e-pertemuan. Sekarang, cukup masuk akal bagi saya mengapa e-pertemuan begitu terjadi dan semua orang berbicara tentang hal itu. Bahkan saluran televisi nasional menyiarkan tentang hal itu. 4   2  Lebih lanjut setelah membaca website resmi mereka, umeetme memiliki begitu banyak fitur keren seperti papan tulis interaktif, mengirim file dari presenter ke peserta, melakukan beberapa presentasi, suara, dan berbagi layar. Saya membayangkan beberapa perusahaan dan institusi harus telah membuat ID untuk bisnis internal mengusulkan. Mereka dapat menggunakannya untuk melakukan video conference dari seluruh dunia dan membuat keputusan dengan sangat mudah. Dengan melihat kemajuan video conference yang digunakan di Indonesia, sekarang saya menyadari bahwa, ini adalah WOW era.

WOW karena kita dapat memaksimalkan sumber daya dan mendapatkan efisiensi karena internet, WOW karena kita memiliki kesadaran untuk menghubungkan satu sama lain di sepanjang Indonesia. Dengan begitu kita bisa merasa lebih dekat satu sama lain, dan mempermudah kita dalam berbicara dan tatap muka secara online. Ini adalah kebangkitan yang sebenernya. Dengan akses mudah ini untuk siapapun, dimanapun dan kapanpun lebih baik dari sekarang. Dan pemerintah dapat memaksimalkan waktu mereka untuk mengurus seluruh negeri. Pastinya hal ini perlu ada penyesuaian cara kerja, anggaran negara, dan sistem komunikasi negara.

Untuk anak muda seperti kita, please please please gunakan internet dan platform aplikasi secara bijaksana. Kita semua sudah mendengar beberapa kejadian buruk yang terjadi pada anak yang lebih muda karena penyalahgunaan internet dan aplikasi di dalamnya. Jadilah pengguna yang pintar dan maksimalkan sumber daya internet untuk kemajuan diri sendiri, lingkungan dan pastinya bangsa kita 🙂

Happy blogging 🙂

Leave a Reply

